7 Manfaat Konsumsi Durian, Nomor 3 Bikin Wanita Bahagia - Koran Mandalika

7 Manfaat Konsumsi Durian, Nomor 3 Bikin Wanita Bahagia

Sabtu, 27 Januari 2024 - 15:23

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Koran Mandalika – Banyak sekali manfaat serta khasiat bagi kesehatan dari mengonsumsi buah durian.

Berikut 7 manfaat serta khasiat dari mengonsumsi durian:

1. Menjaga kadar gula darah. Terlepas dari rasanya yang manis, ternyata durian adalah buah yang dapat membantu menjaga kadar gula darah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebuah studi dari jurnal Foods menunjukkan bahwa konsumsi durian tidak meningkatkan kadar glukosa dalam darah.

2. Mencegah risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.
Manfaat atau khasiat lain yang bisa Anda peroleh dari durian adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Ini karena buah durian memiliki kandungan gizi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

Tak hanya itu, buah berduri ini juga diyakini mampu mengurangi risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi berkat kandungan asam lemak di dalamnya.

3. Membantu meningkatkan kesuburan. Satu lagi manfaat yang didapat dengan mengonsumsi durian adalah meningkatkan kualitas kesuburan Anda.

Baca Juga :  Pasien Puji Setinggi Langit Pelayanan VIP RSUD Praya

Berdasarkan sebuah studi dari Journal of Integrative Medicine, durian dipercaya mampu mengatasi masalah ovulasi serta siklus menstruasi pada pasien penderita sindrom polikistik ovarium (PCOS).

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang cara kerja durian dalam memengaruhi hormon estrogen pada wanita.

4. Melawan infeksi. Khasiat atau manfaat lainnya dari makan buah durian adalah membantu tubuh melawan infeksi bakteri.

Pasalnya, buah ini mengandung berbagai jenis antioksidan seperti flavonoid, terpenoid, serta tanin.

5. Memperkecil peluang terkena kanker. Kabar baiknya, Anda juga dapat mengurangi risiko terkena kanker dengan rutin mengonsumsi buah durian, lho!

Dalam studi tersebut ditemukan fakta bahwa kandungan oksida nitrat pada durian mengurangi perkembangan kanker payudara.

Selain itu, kandungan polifenol pada durian juga mengurangi aktivitas apoptosis. Apoptosis adalah salah satu proses yang memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Baca Juga :  RS Apung PDIP Tak Hanya Layani Pengobatan Gratis di Bima, Disiapkan juga Makanan

6. Menguatkan tulang. Menariknya, mengonsumsi buah durian juga bisa memberikan manfaat yakni membuat tulang jadi lebih kuat.

Durian mengandung kalsium, kalium, zat besi, serta fosfor yang cukup tinggi. Keempat nutrisi tersebut berperan besar dalam pembentukan tulang yang sehat dan kokoh.

Tidak hanya tulang saja, keempat nutrisi tadi juga dapat membantu memperkuat gigi Anda.

7. Memperbaiki suasana hati
Ingin merasakan suasana hati yang lebih bahagia? Salah satu solusi yang bisa Anda coba adalah dengan makan buah durian.

Ya, durian mengandung tryptophan, yakni sejenis asam amino yang membantu meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh.

Serotonin bekerja secara langsung pada sistem saraf pusat untuk memperbaiki mood serta membuat Anda merasa lebih tenang.

Perlu diketahui bahwa sebaiknya hindari mengonsumsi durian bersamaan dengan minuman beralkohol.

Pasalnya, kombinasi durian dan alkohol berisiko memicu rasa mual, muntah, serta detak jantung tak beraturan. (hellosehat)

Berita Terkait

Jangan Anggap Remeh Gangguan Irama Jantung (Aritmia)
Libatkan 7 Sekolah, BBPOM Mataram Gelar Bimtek Keamanan Pangan di Sekolah Batch 2
BBPOM Mataram Siap Dampingi Pengusaha Disabilitas Miliki Izin Edar
BBPOM Mataram Pastikan Keamanan Pangan Bagi Kelompok Disabilitas
Siap Naik ke Tipe B, RS Manambai Butuh Dokter Subspesialis, Pemprov Diminta Siapkan Insentif
Kasus TBC di NTB Cukup Tinggi, Ayo Pakai Masker!
Resmikan Klinik Asy-Syifa Qomarul Huda, Menkes Harap jadi Pusat Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Pernikahan Anak di Lombok Tengah Viral, Menkes: Ancaman Bagi Keturunannya

Berita Terkait

Senin, 10 Agustus 2026 - 18:02

Alparsa Karya Group Perkuat Layanan Design & Build Terintegrasi untuk Kawasan Jabodetabek

Senin, 10 Agustus 2026 - 18:02

PT Pelindo Sinergi Lokaseva Perkuat Konektivitas Ekosistem Pelabuhan Melalui Pertumbuhan Kinerja Semester I 2026

Senin, 10 Agustus 2026 - 17:02

ITSEC Asia (IDX: CYBR) Luncurkan ITSEC Cyber & AI Academy, Siapkan Talenta Indonesia untuk Mengamankan dan Memimpin Era AI

Senin, 10 Agustus 2026 - 17:02

Indonesia dan IIT Madras Perkuat Kemitraan Strategis di Bidang Riset, Inovasi, dan Komersialisasi Teknologi Deep-Tech

Senin, 10 Agustus 2026 - 17:02

Perkuat Mutu Layanan Perhotelan, SUCOFINDO Serahkan Sertifikasi ISO 9001:2015 kepada Hotel FUGO Samarinda

Senin, 10 Agustus 2026 - 15:02

Syailendra Capital Luncurkan Reksa Dana ETF Emas Syariah di Bursa Efek Indonesia

Senin, 10 Agustus 2026 - 15:02

Di Tengah Ancaman Konflik, 11 Prajurit Koops TNI Habema Evakuasi Warga Ugimba dengan Dua Helikopter

Senin, 10 Agustus 2026 - 15:02

Cara Memilih Sistem POS untuk Bisnis

Berita Terbaru

Daerah

Eksekusi Hotel Arianz Mataram Tuai Protes Ahli Waris

Senin, 10 Agu 2026 - 19:44